Game PC Mirip Seperti Stardew Valley dan Harvestmoon

Mirip Harvestmoon

Pada waktu sejak Stardew Valley awalnya dirilis, saya telah memutarnya. Saya telah mencapai tahun 10 dalam penyelamatan pertama saya, mendorong diri saya untuk menyelesaikan peningkatan pusat komunitas dalam satu tahun untuk penyelamatan kedua saya, dan mendukung Jojamart hanya untuk memberi diri saya alasan untuk penyelamatan ketiga. Seperti banyak orang lain, saya terobsesi dengan game yang mirip Stardew Valley dan Harvestmoon karena membawa genre kasual farm dan life sim ke PC di mana saya pikir itu ditakdirkan untuk tidak pernah berakar.

Lebih dari tiga tahun kemudian, permainan memadukan pertanian dengan simulasi kehidupan dan kota berkembang. Tidak ada kekurangan permainan seperti Stardew Valley di PC sekarang, dengan lebih banyak lagi dalam pengembangan. Beberapa lebih fokus pada membangun hubungan dan merevitalisasi kota sementara yang lain tentang kerajinan. Apa pun akhir Stardew Valley yang Anda sukai, ada permainan lain seperti itu dalam daftar kami untuk membuat Anda bermain hanya untuk satu hari lagi dalam permainan. Sekarang ada banyak pilihan untuk dipilih, beberapa pasti lebih baik dan lebih buruk daripada yang lain. Kami telah mengumpulkan daftar gim Stardew-style terbaik yang tersedia sehingga Anda dapat memilih wisma mana yang akan ditanam.

Doraemon Story of Seasons, Sangat Mirip Harvestmoon

Released: October 10, 2019 | Developer:  Marvelous Inc., Brownies Inc.| Steam

Mirip Harvest Moon, Story of Seasons tidak pernah sampai ke PC sebelum dipasangkan dengan teman yang paling tidak mungkin: seorang protagonis manga muda dari tahun 70-an. Doraemon Story of Seasons mengambil petualangan kehidupan pastoral ke dalam pengaturan yang penuh dengan pengaturan Jepang yang berbeda dengan Harvest Moon dan sebagian besar turunannya yang pergi untuk getaran pedesaan yang lebih “di mana saja”. Inkarnasi Story of Seasons ini membuat Noby dan teman-temannya melakukan semua kegiatan kehidupan pedesaan yang biasa seperti menanam ladang, berteman, memasak, dan menghadiri festival di kota Natura. Gaya visual cat air yang menggemaskan adalah perubahan yang disambut baik dari game Story of Seasons sebelumnya yang mempertahankan estetika 3D chibi-style Harvest Moon.

Banyak penggemar sim kota akan memberi tahu Anda bahwa Story of Seasons adalah pewaris sejati dari seri Harvest Moon setelah pengembang yang terkenal dengan seri HM kehilangan hak untuk terus menggunakan namanya dan kemudian berganti nama. Doraemon Story of Seasons secara rutin mendapatkan nilai ulasan lebih tinggi daripada Light of Hope menunjukkan bahwa bakat tetap ada, bahkan jika judulnya belum.

My Time At Portia

Released: January 23, 2018 | Developer: Pathea Games | Steam 

My Time At Portia My Time At Portia adalah sim kota 3D langka dari kelompok yang akhirnya merasa seperti Stardew Valley melalui The Legend of Zelda: Wind Waker. Di pulau kecil Portia, ayahmu meninggalkanmu perbuatan untuk bengkel lamanya. Alih-alih hanya menanam tanaman, Anda akan mengumpulkan dan memurnikan sumber daya dari seluruh pulau untuk memenuhi kontrak yang diminta oleh penduduk setempat. Sistem kerajinannya sangat bersarang, dengan sebagian besar resep membutuhkan seperangkat mesin khusus untuk dibangun dan ditempatkan di halaman bengkel.

Akhirnya, Anda juga dapat membangun plot kebun, meskipun Anda tidak akan menjalankan operasi pertanian ukuran penuh seperti tetangga Anda Sophie, petani lokal yang sebenarnya. Portia memiliki pertempuran yang sedikit lebih banyak daripada Stardew, dengan ruang bawah tanah untuk melakukan spelunking untuk menjarah dan menyusun komponen. Itu memang memiliki banyak interaksi dengan semua penduduk Portia juga. Selama musim dan bertahun-tahun Anda akan berteman dengan dan akhirnya bisa menikahi salah satu dari banyak warga kota Anda yang memenuhi syarat dengan pergi berkencan dan mengirimkan hadiah kepada mereka.

Graveyard Keeper

Released: August 15, 2018 | Developer: Lazy Bear Games | Steam

Di Graveyard Keeper Anda akan menanam mayat, bukan tanaman. Protagonis Anda telah menjadi penjaga baru dari kuburan abad pertengahan dengan cara kematian dan amnesia potensial dan perlu membersihkan tempat itu untuk menemukan asal-usulnya. Anda akan menghabiskan waktu mengumpulkan sumber daya dan membangun perangkat baru untuk kuburan Anda untuk memperbaiki bahan dan mengeksploitasi mayat yang jatuh di halaman Anda. Graveyard Keeper jauh lebih merupakan simulasi kerajinan kasar daripada game-game sejenis Stardew lainnya, tetapi game ini membagikan iming-iming “satu hari lagi”. Anda hanya akan kembali untuk menebang beberapa pohon lagi dan memperbaiki lebih banyak bahan daripada memanen labu Anda. Graceyard Keeper juga baru-baru ini menambahkan DLC baru yang disebut “Stranger Sins” yang memungkinkan Anda membangun dan mengelola kedai minuman Anda sendiri jika Anda memerlukan beberapa simulasi tambahan dengan kerajinan Anda.

Fantasy Farming: Orange Season

Released: Early Access| Developer: Tropical Puppy | Steam, itch.io

Musim Oranye telah berada di Akses Awal selama lebih dari dua tahun tetapi sudah dipotong dari kain yang sama dengan Stardew Valley. Anda dapat memelihara tanaman dan hewan di pertanian Anda serta menjinakkan hewan liar dan membawanya pulang untuk dipelihara mirip seperti Harvestmoon. Semua tersangka biasa lainnya ada di sini juga: Mengubah musim, peningkatan alat, membangun hubungan dengan penduduk kota, dan kustomisasi pertanian. Ada beberapa perubahan kecil pada resep itu seperti bisa memiliki teman NPC mengikuti Anda berkeliling sebagai teman.

Musim Oranye telah berada di Akses Awal untuk waktu yang lama, tetapi tampaknya terus-menerus berubah, dengan pengerjaan ulang besar-besaran terhadap peta yang terjadi pada satu titik dalam pengembangan dan peningkatan pada sistem lain yang sering datang juga. Saat ini, Musim Jeruk sedang diperbarui 0,5.1 menurut posting berita Steam-nya, dengan sistem kencan yang ditunggu datang di pembaruan berikutnya.

Garden Paws

Released: December 18, 2018 | Developer: Bitten Toast Games| Steam

Mirip seperti Harvestmoon, Garden Paws adalah versi hewan dari Stardew Valley di mana Anda akan mengambil alih pertanian kakek-nenek Anda saat menjalankan toko, berkebun, dan memelihara hewan. Untuk yang cenderung multi-pemain, Anda dapat mengundang hingga tiga teman ke peternakan Anda untuk bermain dengan Anda atau, untuk pita Twitch, mengintegrasikan obrolan Anda sehingga pemirsa dapat memiliki pelanggan di toko Anda yang dinamai menurut nama mereka. Saat ini ada 10 makhluk kecil untuk dimainkan sambil membantu membangun kembali kota dengan toko-toko baru yang dapat membuka kunci pencarian tambahan dan area untuk dijelajahi. Tampaknya menjadi kombinasi Animal Crossing dan Stardew Valley dengan banyak pertanian, bangunan, dan kerajinan.

Slime Rancher

Released: August 1, 2017 | Developer:  Monomi Park| Steam

Seperti tradisi, Slime Rancher dimulai dengan protagonis Beatrix LeBeau diberi hadiah properti untuk diambil alih. Kali ini, itu adalah peternakan lendir yang jauhnya dari planet bumi. Sebagai peternak lendir yang baru diindoktrinasi, Beatrix harus membangun selungkup untuk lendirnya dan menanam banyak tanaman dan chickadoo agar mereka mendapat makanan yang cukup. Sepanjang jalan Anda akan menjelajahi Far Far Range, meningkatkan alat vacpack Anda yang luas, dan menggabungkan slime Anda menjadi varietas baru. Slime Rancher tidak memiliki fokus yang sama pada hubungan dengan NPC seperti yang dilakukan game jenis Stardew lainnya, tetapi Slime Rancher memiliki banyak eksplorasi dan penyesuaian.

World’s Dawn

Released: January 25, 2016 | Developer: Wayward Prophet| Steam

Hanya beberapa game PC yang mengikuti formula mirip Harvest Moon semirip dengan Stardew Valley, dan kebanyakan dari mereka berkualitas dipertanyakan. World Dawn adalah pengecualian. Itu sedikit lebih kasar di sekitar tepi daripada Stardew, tetapi semua pesona yang sama ada di sana. Anda bisa berteman dan menikahi penduduk desa, menanam dan menjual hasil panen, memancing, menghadiri festival, dan membawa kemakmuran kembali ke desa yang mandek.

World Dawn lebih tentang pewarnaan di dalam garis daripada menempa jalan Anda sendiri. Plot pertanian Anda sudah ditentukan sebelumnya dan Anda tidak akan membangun bangunan tambahan di properti Anda. Yang sedang berkata, ada banyak pilihan pakaian, dekorasi rumah, dan resep memasak. Meskipun rasio aspek 4: 3 yang ketinggalan jaman dan menu-menu yang awalnya membingungkan, World’s Dawn penuh dengan karakter lucu yang membuat menerima beberapa keluhan kecil lebih dari sepadan. Jika Anda ingin memainkan permainan yang sama dalam rasa yang sedikit berbeda, ini adalah pilihan terbaik.

Kynseed

Released: Early Access | Developer:  PixelCount Studios| Steam, GOG

Hampir mirip dengan Harvestmoon hanya saja, Kynseed bersandar lebih banyak ke simulasi kota dan eksplorasi daripada bertani. Ini memiliki gaya pixel art yang sangat detail dan berwarna-warni yang membuatnya terlihat seperti sepupu yang lebih ajaib untuk beberapa game tipe Stardew lainnya. Kynseed kurang fokus pada pertanian demi menyebarkan dirinya secara merata di semua elemen simulasi kota. Anda dapat menjalankan toko, menjelajahi kota, menjalin hubungan dengan NPC, dan akhirnya pulang untuk menanam tanaman di tanah Anda. Kynseed adalah game pertama oleh studio mantan pengembang Fable dan hadir dengan humor aneh dan eksentrik yang sama dari RPG petualangan lama itu.

Verdant Skies

Released: February 12, 2018 | Developer:  Howling Moon Software| Steam

Alih-alih kota kecil di negara ini, Verdant Skies membuat Anda menjadi anggota terbaru dari koloni kecil di planet Viridis Primus. Awalnya koloni ini kecil, tetapi setelah membantu membangun lebih banyak rumah, Anda akan bergabung dengan lebih banyak penduduk, masing-masing dengan keahlian mereka sendiri untuk membantu menumbuhkan koloni dan operasi Anda.

Sebagai petani luar angkasa baru di kota, Anda harus mengubah pabrik luar angkasa asli menjadi operasi pertanian. Anda bahkan dapat menangkap dan menjinakkan spesies hewan liar juga. Keduanya dapat berubah menjadi spesimen terkuat dan paling efisien dengan mesin combiner genetik Verdant Skies.

Garden Story

Released: In development | Developer: Picogram | Steam

Garden Story belum dirilis, tapi tetap harus diperhatikan bagi mereka yang menyukai game pertanian yang lucu dan sehat mirip seperti Harvestmoon. Menggabungkan anggur menangani semua tugas biasa dari permainan bergaya Stardew. Anda akan membawa kehidupan kembali ke pulau itu, melakukan pertolongan untuk teman buah Anda, dan mengolah kebun Anda sambil menyelidiki The Rot yang menghancurkan

Ooblets

Released: In development | Developer: Glumberland| Epic

Ooblets telah dikembangkan selama beberapa tahun dan sayangnya tanggal rilis masih belum muncul. Meskipun masih jauh, Ooblets masih banyak diantisipasi setelah membuat kesan pada pemain potensial kembali pada tahun 2017 dengan gerakan tarian yang canggung dan makhluk tanaman seperti Pokemon. Ooblets akan memungkinkan Anda menyesuaikan karakter Anda dengan pilihan busana berwarna pastel dan menghias rumah Anda dengan furnitur. Anda akan menghabiskan waktu menjelajahi kota dan menumbuhkan ooblet di kebun Anda sebelum mengajak mereka keluar untuk berdansa melawan makhluk ooblet karakter lain. Dedikasi Ooblets terhadap kecanggungan yang sehat bahkan ada dalam nama-nama makhluknya yang dibebani gelar-gelar seperti “pacuan kuda,” “dumbirb,” dan “shrumbo” di antara banyak lainnya.

Nah itulah game-game yang mirip dengan Stardew Valley dan Harvestmoon, mana game favorit kalian? Tinggalkan di kolom komentar ya.

Baca Juga: Counter-Strike Sekarang Memiliki Karakter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *