pubg bikin rugi negara

Benarkah main pubg bikin rugi negara? Dapatkan jawabannya di artikel ini. Bermain game online adalah salah satu media hiburan yang paling banyak diakses oleh warga di Indonesia. Terlebih lagi saat ini terdapat banyak list pilihan game online seru yang bisa diunduh secara gratis pada google play store. Tersedia banyak genre menarik yang bisa dimainkan, salah satunya seperti game pubg mobile yang mengusung genre battle royal. Saat ini memang kebetulan sekali, genre battle royal sedang banyak disukai oleh gamers di Indonesia.

Keseruan bermain game online seperti pubg mobile memang kerap kali membuat para player bermain hingga lupa waktu. Mengisi waktu karantina di rumah saja dengan bermain game adalah aktivitas yang banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia saat ini. Terlebih lagi pubg merupakan game online yang dimainkan oleh berbagai gender serta usia. Namun tahukah Anda bahwa bermain pubg bikin rugi negara ini? Untuk mengetahui kebenaran dari pernyataan tersebut, silahkan simak artikel ini hingga akhir.

Baca Juga: Kode Paket Goddess Of Genesis Terbaru Segera Redeem Hadiahnya

Apakah Benar Bermain Pubg Bisa Membuat Negara Rugi?

Benarkah main pubg bikin rugi negara? Anda akan segera mengetahui kebenaran dari pertanyaan tersebut pada artikel berikut ini. Di awal tahun ini, mulai bermunculan berita yang menyatakan bahwa bermain pubg mobile ternyata bisa mengakibatkan negara Indonesia kita ini mengalami rugi. Kerugian tersebut hingga mencapai nominal triliunan rupiah, kok bisa? Hal ini karena game online seperti pubg mobile dan sejenisnya telah membuat negara mengeluarkan dana hingga triliunan rupiah ke luar negeri.

Hal tersebut terjadi karena publisher resmi dari game – game tersebut tidak memiliki BUT yaitu bentuk usaha tetap, sehingga tidak dikenai pajak oleh pemerintah. Saat ini adanya perusahaan asing yang disertai dengan BUT di Indonesia memiliki beberapa kualifikasi tertentu. seperti mempunyai fasilitas fisik yaitu berupa tempat untuk menjalankan usahanya di Indonesia. Sedangkan publisher pubg mobile tidak memiliki kualifikasi untuk BUT tersebut.

Perusahaan asing yang tidak mempunyai kantor perwakilan di Indonesia akan bisa mempengaruhi Neraca Pembayaran Indonesia, ini merupakan pernyataan dari Mirza Adityaswara selaku Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Jadi ketika banyak warga Indonesia yang mengunduh game online seperti pubg mobile, maka secara otomatis dananya akan terbawa menuju luar negara. Jadi seperti saat melakukan import, transaksi game online tersebut membuat aliran dana negara keluar sehingga menambah defisit NPI.

Memang secara umum, para gamers bisa mengunduh game pubg mobile serta fitur nya secara gratis. Namun ternyata hal tersebut justru membebani pengeluaran negara. Secara teknis. Nominal biaya yang keluar untuk setiap transaksi game online yang dilakukan memang tidak terlalu besar. Namun karena ada banyak orang yang melakukan transaksi game tersebut, maka bisa total dana yang keluar bisa sangat besar. Anda bisa memperkirakan sendiri jika terdapat jutaan orang yang melakukan transaksi game tersebut, maka sudah berapa rupiah dana negara yang keluar negeri.

Berdasarkan info terbaru pada tahun 2018, defisit NPI dari transaksi game di Indonesia telah mencapai angka hingga 7.1 miliyar us dollar. Dari uraian di atas maka tidak heran jika muncul berita bahwa main pubg bikin rugi negara. Selain itu, game online dari luar memang terbilang lebih laris dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut berbanding terbalik dengan game buatan lokal yang mangsa pasar nya hanya mencapai 0.4 % saja.