Pengertian dan Perbedaan Antara CPI dan DPI

CPI DPI

inilah sedikit terminologi rumit yang sejalan dengan mouse game, apakah kita berbicara tentang sensor, akselerasi, kecepatan maks, atau bahkan menyinkronkan pencahayaan RGB dengan seluruh sistem Anda. Menentukan mouse gaming terbaik untuk Anda berarti menemukan mouse yang benar-benar sesuai dengan tangan Anda, tetapi satu spesifikasi yang sangat penting adalah resolusinya, atau DPI. Atau apakah itu CPI?

Meskipun sebagian besar pabrikan menggunakan DPI untuk menentukan pengukuran resolusi, itu bukan nomenklatur yang tepat. Tapi itu menjadi istilah yang lebih dikenal luas, jadi para manufaktur hanya ikut-ikutan saja. Logitech, misalnya, menggunakan DPI sedangkan Steelseries menggunakan CPI. Dalam hal mouse gaming, DPI dan CPI mengacu pada hal yang sama, tetapi jika Anda ingin mendapatkan teknis, mereka sebenarnya memiliki arti yang sangat berbeda.

Tetapi meskipun mereka memiliki makna yang berbeda dan mengukur hal-hal yang berbeda, mereka masih dapat secara teknis merujuk pada hal yang sama tergantung jika Anda berada di sisi konsumen atau sisi pembuatan barang. Kencangkan sabuk pengaman, ini akan menjadi rumit.

Apa itu DPI?

DPI adalah singkatan dari dots per inch, yang paling umum mengukur resolusi output printer. Ini merujuk pada kepadatan tinta literal pada selembar kertas, tetapi juga agak membingungkan digunakan untuk menunjuk kerapatan piksel suatu gambar, juga, meskipun itu media yang berbeda.

Semakin tinggi DPI, semakin padat titik-titik pada halaman. Dan semakin padat titik-titiknya, semakin detail gambarnya. Itu berarti Anda dapat mencetak pada ukuran yang lebih besar tanpa memperbesar gambar, yang akan membuatnya buram.

Ini bekerja dengan cara yang sama seperti PPI, atau piksel per inci, yang mengukur kerapatan piksel monitor atau gambar digital. Keduanya, bagaimanapun, tidak sama dengan monitor atau resolusi gambar, yang merupakan ukuran dari jumlah total piksel dalam tampilan atau gambar digital, meskipun dalam program-program seperti photoshop PPI masih dirujuk sebagai resolusi.

Jadi, DPI adalah untuk cetak dan digital, dan PPI hanya untuk digital, dan resolusi dapat berarti ‘menghitung’ beberapa hal yang berbeda. Dengan saya sejauh ini?

Apa itu CPI?

Jadi, jika itu tidak cukup membingungkan, CPI berarti jumlah per inci, yang umumnya mengacu pada sensitivitas mouse. Semakin tinggi CPI, semakin sensitif untuk gerakan Anda. Anda dapat melihatnya sebagai jumlah ‘langkah’ yang dilaporkan oleh sensor mouse ke komputer Anda saat membuat film satu inci, tetapi jumlah sebenarnya yang dirujuk adalah berapa banyak piksel yang masuk ke dalam satu inci pada permukaan sensor mouse, yang merupakan sedikit seperti sensor CMOS dari kamera digital.

Jadi, ketika Anda melihat rentang sensitivitas mouse, katakanlah 100-12.000, itu berarti dapat mencapai 100 hingga 12.000 langkah per inci. Angka yang lebih rendah akan membuat kursor mouse tampak bergerak lebih lambat, dan Anda harus menggerakkan mouse Anda lebih jauh ke seberang meja Anda agar kursor bergerak ke sisi lain layar. Angka yang lebih tinggi akan membutuhkan lebih sedikit gerakan di pihak Anda.

Jika mouse Anda memiliki tombol kecil di bawah roda gulir, beberapa produsen mungkin menyebutnya saklar DPI, tapi itu benar-benar saklar CPI. Ini juga tidak membantu mengklarifikasi hal-hal ketika beberapa manufaktur seperti Logitech tidak hanya merujuk pengaturan CPI sebagai DPI, tetapi merujuknya sebagai rentang ‘resolusi’ juga.

CPI semakin rumit ketika Anda memfaktorkan beberapa hal lagi. Pembuat mouse sering membagi piksel sensor untuk menempatkan angka yang lebih besar pada kotak, yang sebenarnya tidak bagus untuk kinerja. Dan CPI bukan satu-satunya ukuran sensitivitas mouse, karena game juga memungkinkan Anda menyesuaikan sensitivitas ke atas atau ke bawah. Jika Anda ingin memahami lebih lanjut tentang resolusi sensor mouse, lihat fitur rusak mouse gaming kami, di mana seorang insinyur Logitech memecahnya secara rinci.

Mengapa DPI digunakan sekarang, bukan CPI?

CPI DPI

Jawaban yang mudah adalah istilah ini lebih dikenal masyarakat umum. Jawaban rumitnya adalah kedua istilah tersebut benar ketika kita berbicara tentang tikus dan sensornya. Kami hanya berbicara tentang pengukuran yang sama dari sudut pandang layar atau sensor itu sendiri.

Untuk pengguna akhir, itu lebih umum untuk mengatakan DPI karena kami yang melihat layar kami saat kursor kami bergerak. Tetapi ketika kita berbicara tentang sensor mouse itu sendiri, itu adalah CPI. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sensor menghitung berapa banyak piksel yang dapat dimasukkan ke dalam satu inci dari permukaan apa pun yang digunakan mouse Anda. Ini juga disebut resolusi optik. Monitor menampilkan seberapa cepat kursor Anda bergerak berdasarkan pada pengaturan DPI Anda. Keduanya merujuk hal yang sama, hanya dari sudut pandang dua perangkat yang berbeda.

Ada sejarah yang lebih panjang dengan DPI yang memiliki banyak makna, dan blog Microsoft ini masuk ke dalam lebih banyak detail, tetapi karena sensor optik dan laser menjadi standar pada tikus, DPI menjadi umumnya terkait dengan mereka, semacam istilah umum sejak tahun ’80 -an, dan orang-orang sudah terbiasa dengannya. Semua tikus yang diproduksi di daftar terbaik kami menggunakan nomenklatur DPI di situs web mereka, selain dari Steelseries. Tetapi jika Anda melihat DPI alih-alih CPI atau sebaliknya, itu pada akhirnya berarti hal yang sama — sensitivitas mouse.

Baca Juga: Pokemon Sword & Shield Max Raid Guide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *