tips memilih mouse gaming

Hi sobat Monster, kembali lagi ke Tips memilih mouse gaming part 2. Langsung saja check it out!

4. Pahami Tipe-Tipe Mouse Gaming

Tips yang satu ini adalah tips yang paling jarang diketahui oleh gamer PC pemula,  salah satu kesalahan yang fatal dan rentan terjadi. Meskipun sudah pasti itu adalah mouse gaming, tapi sebenarnya mouse didesain untuk  beberapa tipe game tertentu, mulai dari yang membutuhkan banyak aski seperti MMO dan MOBA, hingga yang kompetitif seperti shooter/FPS/TPS.

– FPS/Shooter/TPS

Tips Memilih Mouse Gaming

SteelSeries Rival 710 adalah salah satu contoh mouse untuk FPS dengan desain yang simple.

Gamer yang sering bermain Counter Strike atau sering disebut CS dan Rainbow Six Siege dapat menggunakan tipe mouse ini. Mouse ini didesain dengan berat yang cukup ringan dan simple tanpa tombol tambahan yang terlalu banyak. Keliahatannya mouse ini miliki tampilan yang mirip dengan mouse biasa yang ditambahkan dua tombol di sampingnya. Beberapa contoh merk untuk mouse shooter rekomendasi MonsterLab adalah SteelSeries Rival 310, Rival 110,  Rival 710, Razer Basilisk, Razer DeathAdder,  hingga Logitech G502, dan G403.

– MMORPG dan MOBA

Tips Memilih Mouse Gaming
Corsair Scimitar terdapat tombol yang dapat diatur untuk item atau skill yang dibutuhkan.
 

Jika kalian senang bermain game bergenre MMORP ataupun MOBA, mouse dengan tambahan tombol yang banyak tentu menjadi salah satu opsi yang perlu diperhatikan. Rekomendasi mouse untuk MMORPG dan MOBA dari MonsterLab adalah berikut: SteelSeries Rival 500, Corsair Scimitar, Razer Naga Trinity, dan Logitech G600.

– Ambidextrous (Kidal)

Tips Memilih Mouse Gaming
Tipe SteelSeries Sensei 310 cocok nih buat kalian yang menggunakan tangan kidal.
 

Memang pada umumnya manusia rata-rata menggunakan tangan kanan untuk menggunakan mouse tapi tidak semuanya, ada juga mereka yang dilahirkan dengan menggunakan tangan kidal. Mereka yang terlahir menggunakan kidal akan membutuhkan sebuah mouse yang dapat menyesuaikan keadaannya tersebut. Maka MonsterLab merekomendasikan mouse gaming seri SteelSeries Sensei 310, Razer Taipan, Razer Lancehead Tournament Edition, Logitech G900 Chaos Spectrum, atau Corsair Katar bisa menjadi opsimu.

– Wireless/Wired

Tips Memilih Mouse Gaming
Logitech G900 Chaos Spectrum mouse canggih yang bisa wired maupun wireless.

Mouse kabel atau tidak, bisa jadi opsi pilihan bagi tipemu masing-masing. Bagi kalian yang lebih mementingkan portabilitas serta pergerakan mouse yang sesuka hati tanpa harus peduli letak kabel, maka wireless menjadi pilihanmu. Dan bagi kalian yang tidak ingin boros uang untuk mengganti baterai (tidak semua mouse wireless menggunakan batterai ganti) dan ingin memiliki mouse berkualitas tapi dengan harga yang lebih murah, wired mouse bisa jadi opsimu.

– Hybrid

Tips Memilih Mouse Gaming
Mouse yang dapat digunakan seluruh jenis genre Razer Naga Hex V2.
 
Hybrid yang berarti mouse yang mencakup semuanya, mouse Hybrid memiliki fitur yang dimiliki mouse MOBA sekaligus FPS, sehinggah membuat desain mouse ini elegan. Mouse tipe ini dapat digunakan memainkan game jenis apapun. Mouse ini juga tersedia dalam Wired dan Wireless. Rekomendasi MonsterLab untuk mouse Hybrid adalah SteelSeries Rival 700, Logitech G602, Logitech G700, Razer Naga Hex V2Razer Ouroboros, dan Razer Orochi merupakan beberapa jajarannya.

5. Menabung

Tips Memilih Mouse Gaming
Rajin menabung pangkal kaya!
 

Karena mouse dengan fitur yang next level, maka tentu sajaharganya juga tidak murah. Harga untuk mouse gaming yang paling standar adalah kisaran 200-500 ribu, namum tidak jarang mouse mencapai harga hinggah jutaan untuk mouse yang banyak fitur. Misalnya SteelSeries Rival 710 mouse satu ini memiliki vibration yang dapat bergetar untuk memperingatkanmu saat-saat tertentu saat bermain game. Mouse ini berharga sekitar 1.3 juta rupiah. Terdapat juga mouse yang ditambahkan beberapa fitur yang mungkin tidak terlalu berguna untuk gaming normal, contohnya Razer Mamba Elite dengan harga 1.2 juta rupiah hanya untuk menikmati teknologi dari lampu RGB, serta Chroma dan fitur setting memory yang dapat diupload ke cloud service yang nantinya memudahkan kita untuk memiliki settingan yang sama saat kita membawanya keluar. Apalagi mouse wireless lebih mahal lagi, contohnya Logitech G900 Chaos Spectrum yang harganya kisaran 1.5-2.5 juta rupiah.

Tips Memilih Mouse Gaming
Razer Mamba Elite ini harganya lebih dari satu juta rupiah hanya untuk menikmati teknologi RGBnya

Dengan harga yang begitu mahal, tentu kita membutuhkan uang extra untuk dapat memiliki mouse idaman kita, untuk itu kita harus menabung agar dapat tercapai membeli mouse gaming yang kita idamkan. Perlu diketahui bahwa kenyamanan lebih penting dari penampilanan, karena kenyamanan mempengaruhi gaming anda!
Sekian tips dari MonsterLab untuk memilih mouse gaming, semoga dapat membantu reader 🙂

BACA JUGA: Cara Main Call of Duty Mobile Versi Garena di Emulator